Genset Listrik Mini Portable 125 Watt Tenaga Sepeda Motor

Diposting pada

Perakitan genset listrik mini portable dilakukan oleh tenaga ahli yang sudah mempunyai pengalaman pada bidangnya. Genset ini mampu menghasilkan energi listrik sebesar 125 Watt.

Caranya yaitu dengan memakai tenaga penggerak kendaraan roda dua atau sepeda motor. Misalnya Suzuki, Yamaha, Honda, serta sepeda motor yang lainnya. Anda pun dapat menggunakan mobil Anda.

Genset Listrik Mini Portable 125 Watt Tenaga Sepeda Motor
shopee.co.id

Cara Memasang Genset Listrik Mini Portable

Untuk sepeda motor jenis Revo, Yamaha Mio, Supra, Vario, dan sejenisnya, cara pemasangannya yakni:

  • Pada genset terdapat dua kabel input. Satu kabel dihubungkan ke warna putih, sementara kabel yang satu lagi disambungkan ke masa bodi (ground) atau pada Honda Revo yaitu warna hijau.
  • Dua kabel input tersebut jika pemasangannya terbalik tidak masalah, sebab ini merupakan input AC.
  • Untuk pemasangannya, Anda tinggal menjepit pada soket kiproknya.

Sedangkan untuk jenis motor Tiger, kabel input disambungkan pada soket kiprok yang berasal dari spul. Untuk warnanya, kedua kabel input tersebut berwarna kuning.

Perlu Anda ketahui, ini tidak mengambil arus dari aki motor. Namun dari mesin motornya langsung. Sehingga arus aki motor tidak habis serta tidak membuat rusak kiprok motor.

Catatan: Hal ini hanya berlaku pada motor yang memiliki kiprok, apabila jenis motor anyar misalnya Honda Vario Techno 125 yang tidak mempunyai kiprok maka genset listrik mini ini tidak dapat dioperasikan. Pada dasarnya, genset ini memerlukan 15 hingga 20 VAC (keluaran spul/kiprok)

Selama pemakaian, dianjurkan untuk memperbesar gas dengan memutar sekrup yang terdapat pada karburator motor. Hal ini untuk memperoleh tegangan output 220V yang stabil dan juga langsam (supaya motor tidak mati).

Cara Pemasangan ke Rumah

  • Turunkanlah MCB listrik yang berada di bawah KM. Kemudian cabut kulkas, mesin air, televisi, pemanas nasi, kipas angin, AC, dan alat elektronik yang lainnya.
  • Selanjutnya sambungkan listrik dari genset mini ke stop kontak di rumah yang paling dekat dengan motor.
  • Pemasangan pada kiprok cukup satu kali untuk membuat plug input yang diletakkan di dalam bagasi motor. Untuk penggunaan berikutnya, yaitu ketika terjadi pemadaman listrik.
  • Anda cukup menyambungkan input genset mini pada plug yang sudah tersedia di bagasi motor. Sangat sederhana dikarenakan bentuknya yang mini (kecil), tidak seperti genset yang ada pada umumnya.

Selain itu, karena ukurannya yang kecil, maka mudah dalam menyimpannya. Tidak memakan tempat yang banyak. Anda cukup menyediakan bensin di dalam tangki kendaraan roda dua milik Anda.

Genset listrik mini yang mampu mengeluarkan energi listrik 125 Watt ini bisa dimanfaatkan untuk beberapa lampu di rumah secara bersamaan (5-6 lampu). Tentu dengan perkiraan pemakaian dayanya per lampu 20 Watt. Jika lampu di rumah Anda kurang dari 20 Watt per lampunya, maka lampu yang dapat dipakai bisa lebih banyak lagi. Anda bisa memperoleh genset tersebut dengan harga yang cukup murah, yaitu sekitar 500 ribuan saja.