Jenis Genset yang Cocok Digunakan harian

Diposting pada

Jenis-Jenis Genset yang Mungkin Cocok untuk Digunakan Sehari-hari

  • Genset Turbin

Genset jenis ini memiliki kapasitas terbesar dari semua jenis genset dan bisa mencapai 2 juta watt. Kapasitas besar ini biasa digunakan di gedung perkantoran dan rumah sakit. Bahkan dengan kapasitas sebesar itu, turbin generator ini diyakini dapat menghidupkan listrik di hampir kota-kota kecil.

  • Genset Portabel

Dari namanya sudah jelas bahwa genset ini cenderung berukuran kecil dan sebenarnya tidak membutuhkan banyak tempat untuk menyimpannya, sehingga bersifat portable atau mudah dibawa dan dipindahkan. Karena ukurannya yang kecil dan cenderung mudah dibawa kemana-mana, genset jenis ini sering digunakan untuk keperluan outdoor seperti piknik dan kebutuhan bisnis kuliner.

  • Genset Bahan Bakar Gas

Genset jenis ini menggunakan gas sebagai bahan bakar. Gas yang umum digunakan berupa LPG atau liquefied petroleum gas, atau ada juga jenis gas CNG (compressed natural gas). Pada kenyataannya genset jenis ini tidak banyak beredar di pasaran karena kecenderungan harga yang mahal, namun kualitas genset ini lebih unggul dari solar dan bensin karena rendahnya emisi genset berbahan bakar gas.

  • Genset Bahan Bakar Bensin

Berbeda dengan tipe sebelumnya, genset ini menggunakan bahan bakar bensin. Namun genset jenis ini juga termasuk genset yang paling umum dan sangat dibutuhkan baik untuk keperluan rumah tangga maupun bisnis. Kapasitas rata-rata genset bensin ini adalah 1000 watt.

  • Genset Bahan Bakar Diesel

Genset jenis ini paling banyak digunakan dan termasuk jenis genset yang paling sering dijual. Mesin genset ini tentunya membutuhkan solar sebagai bahan bakarnya. Biasanya, genset berbahan bakar solar ini menghasilkan energi 5.000 watt atau 5 kw hingga 2.000.000 watt. Genset jenis ini meliputi generator 2 silinder hingga 16 silinder. Untuk Harga genset ini sendiri tergantung dari kapasitas gensetnya.

Kapan Awal mulanya adanya Generator Set (Genset)?

Sebelum Genset dikenal luas, Genset pada awalnya ditemukan oleh dua orang. Yang pertama adalah Michael Faraday dan Rudolph Diesel. Pada tahun 1831, Faraday menemukan induksi elektromagnetik. Ini kemudian berkembang menjadi generator modern. Michael Faraday sendiri kini menjadi fisikawan yang sangat terkenal. Rudolf Diesel, di sisi lain, adalah penemu generator diesel itu sendiri dan mulai mengeluarkan paten mesin pada tahun 1892.

Mengingat besarnya manfaat dari genset itu sendiri, genset ini kemudian dikembangkan dan diproduksi secara massal sehingga mudah untuk ditemukan. Contoh tempat yang sangat membutuhkan genset biasanya bank, rumah sakit, supermarket, hotel, mall/plaza, perkantoran, pertokoan, dll. Bahkan di rumah, genset ini jarang digunakan sebagai cadangan listrik saat dibutuhkan, apalagi saat listrik PLN padam.

Akhir Kata

Demkian dan terima kasih telah membaca artikel ini tekait jenis-jenis genset dan Pentingnya manfaat dari mesin genset ini menjadi salah satu alasan mengapa genset atau genset ini begitu dikenal di masyarakat luas. Oleh karena itu, Anda butuh mesin genset untuk menjalankan Usaha Bisnis agar semakin lancar.